BAHAYA YANG MENGINTAI JIKA SERING MENGKONSUMSI MAKANAN SIAP SAJI

BAHAYA YANG MENGINTAI JIKA SERING MENGKONSUMSI MAKANAN SIAP SAJI

Pandemi COVID-19 membuat kamu dan keluarga harus melakukan karantina di rumah dan membatasi aktivitas di luar. Salah satu yang harus dipersiapkan selama karantina adalah menyediakan berbagai macam makanan di rumah. Mie instan, kornet, sarden, frozen food dan makanan instan lainnya menjadi pilihan yang dapat disimpan dalam waktu lama.

Selain tahan lama, makanan-makanan ini terbilang praktis dan tidak mudah busuk. Tapi, bukan rahasia lagi kalau makanan cepat saji ini rendah kandungan nutrisinya dan kerap dicampur dengan pengawet agar lebih tahan lama. Namun, sulitnya mendapatkan bahan makanan yang masih segar selama pandemi, apakah masih aman bila mengonsumsi makanan cepat saji terlalu sering?

Gaya hidup modern dengan segala sesuatu yang serba praktis sering kali membuat kita lebih memilih untuk megkonsumsi makanan cepat saji. Istilah “makanan cepat saji” diakui dalam kamus bahasa Inggris Merriam-Webster pada tahun 1951. Makanan cepat saji atau di kenal juga dengan istilah Fast Food mengacu pada makanan yang di sajikan dalam waktu yang relatif cepat.

Makanan tersebut umumnya diproduksi oleh industri pengolahan pangan dengan teknologi tinggi dan mengandung berbagai macam zat , terutama yaitu zat adiktif yang digunakan untuk mengawetkan dan memberikan cita rasa lezat yang kuat bagi produk tersebut.

Banyak ragam makanan yang bisa memanjakan lidah Anda. Salah satunya adalah makanan siap saji. Makanan ini digemari oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Contoh makanan siap saji yang populer adalah kentang goreng, pizza, ayam goreng, dan hamburger.

Makanan cepat saji beredar pesat dikalangan masyarakat kita dan sangat mudah untuk di dapatkan dimana saja dan kapan saja. Selain mudah untuk di dapat , makanan cepat saji ini juga memiliki harga yang relatif murah, tentu saja ini menjadi salah satu faktor kenapa makanan cepat saji sangat di gemari oleh masyarakat luas, baik itu dari golongan atas sampai golongan bawah.

Selain tinggi akan kalori, makanan ini juga mengandung banyak gula, lemak (terutama kolesterol), garam dan bahan pengawet. Jika dimakan sesekali, makanan siap saji ini mungkin masih aman bagi kesehatan. Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah banyak atau sering, misalnya seperti pada acara mukbang, makanan siap saji ini bisa berbahaya bagi kesehatan.

Beberapa restoran siap saji bahkan menggunakan minyak sayur yang mengandung banyak minyak trans atau lemak jenuh untuk menggoreng makanannya. Padahal, minyak tersebut tidak baik untuk tubuh karena dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke. Melansir Medical News Today, sejumlah studi telah membuktikan beragam dampak negatif makanan cepat saji pada kesehatan. Efek samping konsumsi makanan cepat saji yang rendah nutrisi tersebut bisa dirasakan dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Orang yang memiliki tekanan darah tinggi dan diabetes dianjurkan untuk sangat berhati-hati terhadap makanan siap saji. Sebab, kadar lemak pada makanan ini cukup tinggi. Tidak hanya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Sudah di jelaskan bahwa makanan cepat saji juga mengandung bahan zat adiktif, menurut definisi para ilmuan, zat adiktif yaitu zat yang jika dikonsumsi oleh organisme hidup, maka dapat menyebabkan kerja biologi serta menimbulkan efek ketergantungan ataupun ketagihan. Selain itu makanan cepat saji juga mengandung kadar gula, garam, lemak dan penyedap yang berlebihan sehingga siapapun yang mengkonsumsinya sangat mudah terganggu kesehatannya, ada banyak bahaya makanan siap saji bagi tubuh Anda, antara lain:

  1. Menambah Berat Badan

Makanan siap saji mengandung kalori dan lemak yang sangat tinggi. Jika dikonsumsi berlebihan, maka jenis makanan ini dapat cepat menambah berat badan. Orang yang terlalu sering mengonsumsi makanan siap saji sangat rentan mengalami obesitas.

Selain itu, kandungan lemak yang tinggi pada makanan siap saji juga dapat menyebabkan peningkatan kolesterol dalam darah. Hal inilah yang turut membuat makanan jenis ini berisiko menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

  1. Meningkatkan Risiko Terkena Diabetes Tipe 2

Makanan siap saji yang tinggi akan kalori, lemak, dan karbohidrat mampu menyebabkan lonjakan gula darah dalam tubuh Anda. Jika sering dikonsumsi, lama-kelamaan hal tersebut dapat menyebabkan gangguan pada insulin. Akibatnya, Anda akan berisiko lebih besar terkena resistansi insulin dan diabetes tipe 2.

  1. Menyebabkan Kerusakan Gigi

Makanan siap saji biasanya akan dihidangkan bersama minuman bersoda atau minuman manis yang tinggi akan kandungan karbohidrat dan gula. Ketika minuman ini dikonsumsi, bakteri yang berada di mulut Anda akan menghasilkan asam. Asam ini dapat menghancurkan lapisan pelindung (enamel) gigi, sehingga menyebabkan gigi berlubang.

  1. Meningkatkan Risiko Terjadinya Gangguan Pernapasan

Sebuah penelitian mengatakan bahwa anak-anak yang mengonsumsi makanan cepat saji setidaknya tiga kali seminggu akan berisiko terkena obesitas dan peningkatan kekambuhan gejala asma. Sedangkan untuk orang dewasa, obesitas yang mengintai dapat mengarah pada sesak napas, serta sleep apnea.

  1. Memperbesar Risiko Munculnya Kanker

Berbagai riset kesehatan menemukan fakta bahwa pola makan tidak sehat dan kurang olahraga turut berkontribusi dalam meningkatkan risiko seseorang terkena kanker. Pola makan yang dimaksud adalah pola makan tinggi kalori dan lemak serta rendah serat, termasuk makanan siap saji.

Selain beberapa gangguan kesehatan di atas, terlalu banyak mengonsumsi makanan siap saji yang mengandung tinggi garam dan lemak juga dapat menyebabkan munculnya masalah kesehatan lain, seperti tekanan darah tinggi dan perut kembung.

  1. Kekurangan Nutrisi

Makanan olahan sangat rendah nutrisi dibandingkan dengan makanan yang segar. Pada beberapa kasus, vitamin dan mineral sintetis ditambahkan ke makanan cepat saji untuk mengimbangi nutrisi yang hilang selama pemrosesan. Meskipun begitu, nutrisi sintetis ini tentunya tidak sehat seperti nutrisi alami yang kita peroleh dari makanan yang segar.

Semakin sering kamu mengonsumsi makanan olahan, maka semakin sedikit pula vitamin yang yang kamu dapatkan. Jika dibiarkan terus-menerus, tentunya kamu bisa kekurangan nutrisi dan gampang jatuh sakit.

  1. Kecanduan

Sadar atau tidak, sering mengonsumsi junk food atau makanan cepat saji lainnya bisa bikin kecanduan. Melansir dari Medical News Today, pengawet yang terkandung dalam makanan cepat saji memicu pelepasan dopamin pada otak seseorang yang mengonsumsinya. Itu sebabnya, seseorang yang sering mengonsumsi makanan cepat saji bisa mengalami kecanduan untuk terus memakannya.

Kurangi Asupan Makanan Siap Saji

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan sering mengonsumsi makanan siap saji, mulai sekarang cobalah untuk membatasinya. Namun jika Anda masih ingin mengonsumsi makanan ini, Anda harus teliti dan cermat.

Cari tahu berapa jumlah kalori, lemak, dan garam yang terkandung dalam makanan tersebut. Selain itu, pilihlah menu paket makanan siap saji dengan porsi yang lebih sedikit dari menu ukuran ekstra yang biasanya ditawarkan. Hal ini dapat mengurangi asupan kalori yang akan masuk ke dalam tubuh Anda.

Selain itu, Anda bisa mengganti makanan siap saji, seperti kentang goreng dan pizza, menjadi salad dengan saus rendah lemak atau dengan semangkuk buah segar beserta yogurt.

Untuk sandwich atau roti isi, pilihlah yang lebih banyak mengandung sayur. Jika Anda ingin makan hamburger, mintalah kepada pelayan untuk menambahkan tomat dan bawang, serta mengurangi takaran keju dan sausnya.

Tidak hanya makanan, minuman juga harus diperhatikan. Dalam segelas minuman soda setidaknya terkandung sekitar 200-300 kalori. Oleh karena itu, gantilah kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda dengan minum air putih atau teh tawar.

Karena banyak dampak buruknya bagi kesehatan, hindarilah konsumsi makanan siap saji terlalu sering. Konsumsilah makanan yang sehat setiap hari agar tubuh Anda selalu bugar dan terhindar dari beragam penyakit.

Itulah beberapa informasi yang telah Tumbasin.id rangkum. semoga bermanfaat yaa….

Dan Untuk kalian yang ingin berbelanja bahan pokok dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau, anda bisa segera berkunjung di aplikasi Tumbasin.id Anda bisa melakukan pembelian di aplikasi ini secara online tanpa harus keluar rumah.

Tumbasin.id menyediakan beragam produk yang bisa anda pilih sesuai selera. Anda tinggal memilih beragam keperluan anda melalui aplikasi ini. Selanjutnya tunggu pesanan yang akan diantar sampai ke alamat yang dituju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *