REKOMENDASI MAKANAN UNTUK PENDERITA ASAM LAMBUNG

REKOMENDASI MAKANAN UNTUK PENDERITA ASAM LAMBUNG

Dada terbakar (heartburn), mulut asam dan perut mual adalah gejala sakit asam lambung (GERD). Penyebabnya beragam. Bisa karena terlalu banyak makanan tinggi lemak, asam, pedas, hingga stres. Akibatnya, Lower Esophageal Sphincter (LES) yang tugasnya seperti pintu antara kerongkongan dan lambung tidak bisa menutup rapat.  Dari penyebab asam lambung tersebut, konsumsi makanan menjadi pemicu kambuhnya asam lambung.

Penyakit asam lambung (refluks gastroesofagus) terjadi saat isi perut naik ke esofagus atau kerongkongan. Pada kondisi normal, pita otot esofagus bagian bawah terbuka saat menelan dan menutup setelahnya. Namun saat mengalami asam lambung, pita esofagus tidak mengencang atau menutup dengan benar, sehingga memungkinkan cairan pencernaan dan isi perut kembali naik ke kerongkongan.

Asam lambung menimbulkan sensasi terbakar di dada yang dapat menyebar ke arah leher. Selain itu, pengidapnya mungkin merasakan rasa asam atau pahit di bagian belakang mulut. Gejala lainnya meliputi mual, muntah, perut kembung, sulit menelan dan batuk.

Seakan menjadi keharusan, penderita GERD perlu mengubah gaya hidup termasuk pilihan menu makanan demi mengantisipasi gejala GERD yang mengganggu aktivitas mereka. Kadang, pecinta buah pun jadi ragu, amankah mengonsumsi buah? Kabar baiknya, ada beberapa buah yang aman untuk asam lambung dan bisa jadi pilihan. Jenis makanan yang dikonsumsi memang sangat berpengaruh signifikan terhadap berapa banyak asam lambung yang diproduksi dalam perut. Buah untuk asam lambung yang aman adalah non-citrus fruits alias buah-buahan yang tidak bersifat asam.

Untuk meringankan dan mencegah munculnya gejala, penderita penyakit asam lambung harus menerapkan pola makan yang baik, termasuk dengan memilih makanan yang dikonsumsi dengan bijak, guna mencegah naiknya asam lambung. Salah memilih makanan dapat membuat asam lambung naik. Hal ini dapat menyebabkan gejala penyakit asam lambung kambuh. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui makanan dan buah untuk asam lambung yang aman dikonsumsi.

Pada tahun 2013 lalu, peneliti dari Tongji University Shanghai mengadakan riset dengan melibatkan 500 penderita GERD. Hasilnya, terbukti bahwa beberapa jenis makanan bahkan bisa mengurangi frekuensi terjadinya gejala-gejala penyakit GERD

Makanan dan buah-buahan untuk Pengidap Asam Lambung

Penyakit asam lambung dapat diobati dengan antasida. Selain itu, mengatur pola makan yang sehat dan seimbang berguna mengurangi gejala asam lambung. Ketika mengalami asam lambung, sebaiknya makan lebih teratur dengan porsi lebih kecil. Hindari ngemil dalam porsi besar di sela waktu makan. Jika kamu mengidap asam lambung dan ingin ngemil, berikut pilihan makanan dan buah-buahan yang aman dikonsumsi:

1. Pisang

Pisang mengandung senyawa basa yang berfungsi melawan asam. Buah ini merupakan sumber kalium, serat, vitamin C, antioksidan, dan fitonutrien. Serat dalam pisang meningkatkan pencernaan, sehingga berguna mengurangi refluks asam lambung.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sebagai penyembuh alami, serta dipercaya dapat mengobati penyakit asam lambung. Selain dapat dikonsumsi dalam bentuk minuman, lidah buaya juga dapat digunakan sebagai pengental untuk mengolah masakan.

3. Roti

Pilihan roti yang disarankan untuk penderita asam lambung adalah roti yang terbuat dari gandum atau mengandung ragam biji-bijian di dalamnya. Roti jenis ini mengandung banyak vitamin, serat, dan nutrisi yang baik untuk kesehatan lambung.

4. Nasi Merah

Nasi merah menjadi makanan pokok dengan kandungan karbohidrat kompleks yang ringan tapi tetap mengenyangkan perut. Walau memiliki tekstur lebih padat dan rasa yang cenderung hambar, tetapi beras merah punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh Anda, seperti melancarkan pencernaan, mengontrol diabetes, mencegah penyakit jantung, dan detoksifikasi racun karena kaya akan kandungan serat dan antioksidan.

5. Buah Ara

Buah ara mengandung gula alami, mineral, kalium, kalsium, dan zat besi. Kandungan seratnya membantu pergerakan usus sehingga berguna mengobati gangguan pencernaan. Selain mengurangi gejala asam lambung, buah ara juga berguna untuk mencegah sembelit.

6. Apel

Buah mengandung vitamin A, C, D, B, kalsium, zat besi, dan magnesium. Kandungan ini membantu menjaga saluran cerna sehingga memungkinkan seseorang buang air besar secara teratur. Itu mengapa apel bisa dikonsumsi untuk mengurangi asam dan menenangkan perut bagi pengidap asam lambung.

7. Buah Rendah Asam

Buah-buahan sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Anda dapat mengonsumsi buah rendah asam seperti melon, semangka, dan blewah. Jenis buah-buahan tersebut merupakan buah terbaik untuk mengontrol refluks asam.

8. Oatmeal

Oatmeal mengandung serat yang sangat baik untuk penderita penyakit asam lambung. Serat diyakini bisa menyerap asam lambung, sehingga meredakan gejala penyakit asam lambung.

Tidak hanya itu, kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan pada oatmeal juga dapat menurunkan berat badan, mengurangi kadar gula darah dan kolesterol, serta mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

9. Sayuran Hijau

Asam lambung bisa meningkat saat terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan manis. Oleh karena itu, sayuran hijau yang kaya serat dan tidak mengandung lemak maupun gula, seperti bayam, brokoli, selada, kacang panjang, dan kentang, merupakan makanan yang tepat dikonsumsi bagi penderita asam lambung.

10. Daging Tanpa Lemak Dan Ikan

Daging sapi, ayam, dan ikan yang diolah dengan cara dipanggang, dikukus, atau direbus juga bisa menjadi makanan yang baik untuk penderita asam lambung. Seafood yang rendah lemak juga baik untuk dikonsumsi, asalkan tidak digoreng dan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Untuk membantu mengurangi asam lambung, konsumsilah lemak sehat yang berasal dari minyak zaitun, minyak wijen, minyak biji bunga matahari, flaxseed dan alpukat.

11. Tanaman Herbal

Terdapat beberapa tanaman herbal yang bisa membantu meringankan gejala penyakit asam lambung, yaitu jahe, adas, dan lidah buaya. Jahe dikenal memiliki efek antiradang dan meredakan mual, sehingga cukup ampuh untuk mengurangi gejala penyakit asam lambung.

Adas dapat membantu menetralkan keasaman (pH) lambung, sehingga dapat mengurangi gejala asam lambung yang meningkat. Aloe vera atau lidah buaya juga terkenal sebagai tanaman herbal untuk menangani penyakit asam lambung karena dapat mengurangi peradangan dan melindungi lapisan dinding lambung.

Makanan dan Buah yang Perlu Dihindari

Beberapa jenis makanan dan buah justru dapat meningkatkan asam lambung, sehingga bisa menyebabkan kambuhnya gejala penyakit asam lambung. Jadi, sebaiknya hindari makanan yang bisa memicu asam lambung naik, seperti bawang merah, bawang putih, tomat, peppertmint, dan makanan pedas.

Buah-buahan yang sebaiknya dihindari karena dapat memicu naiknya asam lambung adalah buah-buahan yang bersifat asam, seperti: Jeruk Jeruk nipis, Grapefruit, Lemon, Nanas, dan Tomat. Bahkan olahan tomat dalam bentuk saus atau makanan dengan saus tomat seperti pizza dan lasagna juga bisa memicu naiknya asam lambung pada penderita GERD.

Lebih jauh lagi, olahan buah-buahan seperti jus tomat dan jus jeruk juga bisa menjadi stimulus naiknya asam lambung. Beberapa penderita GERD juga sulit bertoleransi terhadap bawang putih dan bawang merah serta makanan yang diolah dengan bahan tersebut. Jika merasa masih perlu meraba-raba apa makanan yang jadi pemicu, konsultasikan pada dokter atau ahli gizi.

Konsumsi buah dan makanan untuk asam lambung yang disebutkan di atas juga harus didukung dengan gaya hidup sehat, yakni dengan tidak merokok, menjauhi minuman beralkohol dan kafein, serta menghindari stres. Makanlah dalam porsi yang lebih kecil, namun lebih sering.

Jika gejala penyakit asam lambung belum juga reda meski sudah mencoba pola makan sehat serta mengonsumsi makanan dan buah untuk asam lambung di atas, berkonsultasilah ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.

Itulah beberapa informasi yang telah Tumbasin.id rangkum. semoga bermanfaat yaa….

Dan Untuk kalian yang ingin berbelanja bahan pokok dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau, anda bisa segera berkunjung di aplikasi Tumbasin.id Anda bisa melakukan pembelian di aplikasi ini secara online tanpa harus keluar rumah.

Tumbasin.id menyediakan beragam produk yang bisa anda pilih sesuai selera. Anda tinggal memilih beragam keperluan anda melalui aplikasi ini. Selanjutnya tunggu pesanan yang akan diantar sampai ke alamat yang dituju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *